Baca postingan sebelumnya disini

[perkembangan project akan di update terus-menerus]
Setahun sudah wacana ini tetap menjadi wacana. Keterbatasan waktu dan SDM membuat website pariwisata kota Kendari harus bernasib sama dengan Menara MTQ yang tidak kunjung selesai. Alhamdulillah Waktu liburan telah datang kembali dan kami harap bisa kembali melanjutkan project pertama dari komunitas kecil ini. Meskipun belum tentu selesai.


Jika dalam pergaulan, Kendari seperti kurang bergaul dengan kota-kota lainnya. Kurang terkenal, mungkin juga saat berkumpul, Kendari kurang banyak ngomong, terlalu pemalu, sehingga banyak yang kurang tau seperti apa sosoknya, atau malah sebagian malah lupa kalau punya teman bernama Kendari. Dan dampak dalam pergaulan, Kendari malah semakin tidak gaul, di bilang cupu dan akhirnya sulit masuk kembali ke dalam pergaulan yang sudah jauh lebih gaul dari dirinya. Kasian sekali.

Kira-kira begitulah analogi dan alasan kenapa ide website ini muncul. Kendari terlalu 'asing' untuk mereka di luar sana, khususnya di kota-kota besar pulau jawa. Keinginan untuk membuat website tidak lain dan tidak bukan hanya untuk kemajuan kota. Khususnya di bidang pariwisata yang nantinya akan mendatangkan banyak keuntungan untuk masyarakat lokal.

Siniko.co.id , Dari namanya saja sudah Kendari banget  sekali. Siniko berasal dari kata Sini dan imbuhan khas Kendari 'ko' yang berarti kamu, jika di gabungkan dengan kata kerja, pada umumnya bermakna ajakan. Siniko secara langsung berarti 'yuk kesini' sebagai ajakan untuk para turis lokal maupun asing untuk 'bersilaturahmi' ke Kota Kendari. Kalau perlu, Mereka datang lagi dan lagi.

Konten website ini kami bagi menjadi 4 yaitu, Pariwisata, Seni Kebudayaan, Kuliner dan Produk lokal. Selain itu juga dilengkapi dengan feature diantaranya Blog (berisikan tulisan, ulasan, deskripsi juga link blog-blog pribadi yang pernah mereview kota kendari), Gallery (berisikan foto-foto yang menambah ilustrasi terhadap deskripsi), Video (Bagi yang tidak begitu suka membaca, Terhubung langsung dari Youtube, berisi video-video mengenai kota Kendari), dan Testimoni (berisi testimoni tentang kota) Web ini juga akan bekerjasama dengan hotel dan penginapan di kota Kendari dan juga dengan travel agent di luar kota. Website ini juga open source artinya dapat diisi oleh siapapun.

Kami butuh kolaborasi, Sebelumnya kami sudah bekerjasama dengan beberapa teman untuk bagian foto dan videografi. Untuk design logo nya pun hasil sumbangan dari teman kami Arwin Adyatmoko. Sekali lagi karena waktu yang sempit, maka kami akan mencicil pekerjaan hingga website ini selesai sepenuhnya. Pengerjaan website tidak kami kerjakan secara amatir, semuanya dikerjakan oleh salah satu Start up kendari yaitu Techno Studio yang dengan sukarela mulai mengerjakan website kami, sambil menunggu dana kami terkumpul sebagai tebusan nya.

Jadi bagian dari lahirnya website ini! Bantu kami dalam hal :
  • Pengumpulan data mengenai pariwisata (yang terdaftar maupun tidak, yang belum resmi atau tidak, yang masih potensi atau yang sudah banyak dikenal sekalipun) data meliputi lokasi, jarak tempuh, biaya akomodasi yang dibutuhkan dan keterangan se detail-detailnya. 
  • Pengumpulan data juga berlaku sama dengan konten kita yang lainnya (seni kebudayaan, kuliner dan produk lokal) 
  • Butuh bantuan dalam hal desain, riset mengenai biaya pembuatan website, bantuan ide-ide tambahan untuk website
  • Bantuan dana, Donatur, maupun sponsor. Jika bingung, hanya berikan kami link dan yang harus di hubungi, biar tim kami yang bergerak kesana 
  • Dan bantuan lain-lainnya yang semoga bisa bermanfaat.
Reward :
  • Seluruh nama volunteer, donatur dan sponsor akan kami masukan dalam website tersebut. 
  • Untuk para donatur akan kami berikan Kendari care merchandise sebagai tanda terimakasih
  • Untuk para sponsor, akan kami tempatkan di banner-banner website sebagai sarana iklan.\
Daftar jadi volunteer : 

Jika masih bingung, hubungi kami via email kendaricare@gmail.com kami akan senang mengobrol dan bertukar ide. 

Banyak yang bertanya, apakah project ini terlalu mustahil? Siapa yang akan membiayai? Kami tidak tahu. Yang kami yakini "Niat baik pasti akan ada jalannya".

Mari berkolaborasi dan berkarya untuk kota kelahiran!